Wednesday 24 October 2018

Belajar Dasar Codeigniter untuk Pemula

Setelah sebelumnya kita sudah kenalan dengan salah satu framework php Codeigniter, Belajar mengenal Codeigniter framework PHP. Pada artikel tutorial kali ini kita akan lebih lanjut mempelajari codeiginter dengan mencoba coding khususnya untuk pemula yang baru mencoba ci (codeigniter). Untuk proses awal kita akan fokus pada folder application jadi folder lain hasil download ci kita abaikan dahulu.


Sebelum mulai coding seperti artikel sebelumnya sudah disebutkan konsep dasar yang digunakan pada ci adalah MVC, yaitu Models Views Controllers. Penjelasan singkatnya adalah inti dari ci adalah 3 folder tersebut, jika dilihat dalam folder application terdapat beberapa folder penting misal config, controllers, core, models, helpers, libraries, views dan folder lain seperti gambar dibawah ini.


Dari gambar diatas bisa dilihat 3 folder utama yang sudah disebutkan diawal sesuai konsep mvc, dengan fungsi masing-masing file dalam folder tersebut sesuai dengan tugas masing-masing dan hal tersebut maksudnya agar lebih efisien dengan memisahkan anatara logic dan persentasi pada sistem. Sederhananya untuk file controller digunakan sebagai pengontrol dalam sistem yang dibuat disini proses biasa dilakukan, untuk view digunakan sebagai penampilan sistem yang dibuat dan model digunakan hubungan dengan database. Alurnya sesuai dari user guide ci seperti gambar berikut.



Langsung saja kita akan mengenal lebih jauh ci, setelah download file ci lalu extract dan tempatkan di directory localhost agar lebih mudah disarankan rename nama folder misal dari nama folder CodeIgniter-3.1.9 menjadi ci, kemudian coba akses melalui browser dengan localhost/ci. Hasilnya akan tampil halaman welcome message dari ci seperti gambar berikut.

Sekarang kita akan lebih memahami maksud folder-folder yang ada dalam folder application yang nantinya tempat utama kita membangun sistem, berikut penjelasannya.

· Cache
Folder cache akan berisi file halaman-halaman ketika anda menggunakan web cache hal itu berhubungan dengan menambah kecepatan akses halaman website karena sudah dilakukan cache, kita akan lebih mengenal cache dengan ci dalam artikel selanjutnya.

· Config
Didalam folder config menyimpan file-file konfigurasi web yang dibuat, beberapa file config yang penting diperhatikan untuk pemula config.php, database.php, router.php dan autoload.php.

· Controllers
Folder tempat file-file controller yang akan menjadi inti dari web yang dibuat. Untuk default file setelah download sudan ada controller Welcome.php bisa kita gunakan sebagai contoh untuk mempelajari dan lebih lengkapnya akan kita bahas diartikel selanjutnya.

· Core
Core dalam folder application digunakan jika kita membutuhkan sebuah base class atau class utama dari sistem website yang dibuat.

· Helpers
Helper tambahan selain yang sudah disediakan ci jika kita butuhkan untuk lebih memudahkan pengembangan website dengan langung memanggil function-function sesuai kebutuhan, lebih lanjut kita akan coba di artikel selanjutnya.

· Hooks
Dalam hooks kita dapat memodifikasi atau menyesuaikan kerangka kerja untuk kebutuhan sistem yang dibuat tanpa harus masuk dalam core system ci.

· Language
File dalam folder language untuk fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bahasa yang ditampilkan pada sistem.

· Libraries
Library tambahan yang diperlukan selain yang sudah disediakan ci, library tentu akan mulai sering kita gunakan jika mengembangkan sistem besar dan kompleks.

· Logs
Folder logs berisi file-file log system jika kita membutuhkan dapat mengaktifkan fungsi logs tersebut.

· Models
Dalam folder models ditempatkan file-file model, file model tersebut dimana kita akan menempatkan fungsi-fungsi manajemen data di database seperti CRUD.

· Third_party
Folder ini ditempatkan plugins-plugins yang mungkin saja kita butuhkan jika sistem yang dibuat sudah sangat besar dan membutuhkan pihak ketiga misalnya seperti berhubungan dengan payment gateway atau yang lainnya.

· Views
Seperti yang sudah disampaikan diatas, folder views ini berisi semua file-file yang berhubungan dengan tampilan web yang dibuat. Default file hasil dari download ci maka ada welcome_message.php, dari situ dapat kita coba mempelajari.


Artikel selanjutnya tentang codeigniter kita akan langsung mencoba coding dengan mencoba membuat controller, model, dan view yang merupakan dasar menggunakan framework ini, jadi nantikan artikel selanjutnya idncoding.



EmoticonEmoticon