Monday 15 August 2016

Membuat aplikasi Android tanpa coding

Tags

Membuat aplikasi Android tanpa coding - Seperti yang sudah saya ulas pada aritel sebelumnya Membuat aplikasi Android, kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa cara untuk membuat aplikasi Android tanpa coding. Tanpa perlu belajar bahasa pemrograman khusus atau perlu logika penyelesaian masalah yang rumit anda dapat membuat sebuah aplikasi sesuai keinginan. Anda hanya perlu memilih fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh penyedia layanan pembuatan aplikasi tersebut. Berikut beberapa situs yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding :

andromo merupakan web yang cukup terkenal untuk penyedia layanan pembuatan aplikasi tanpa coding. Setelah membuka website andromo, maka anda harus login atau mendaftar secara gratis bagi yang belum memiliki akun dengan klik sign up. Kemudian lakukan pengisian form dan konfirmasi melalui akun anda. Setelah memiliki akun dan login anda dapat mulai membuat aplikasi dengan klik New Project. Setelah itu anda akan dipandu untuk membuat aplikasi sesuai keinginan anda. 

Dalam appclay anda dapat membuat aplikasi tidak hanya untuk Android, tapi juga dapat membuat aplikasi untuk Blackberry. Setelah membuka websitenya anda diharuskan login. Setelah login anda hanya perlu pilih menu Create App dan memilih aplikasi yang anda buat untuk apa.

Sama halnya pada website sebelumnya, pada appmachine anda juga diharusnya login terlebih dahulu. Untuk kemudahan anda dapat login menggunakan akun Google+ atau Facebook. Dalam appmachine juga tersedia fitur layanan yang berbayar, yang pastinya menyediakan layanan lebih. Setelah login anda dapat mulai membuat aplikasi dengan memilih menu New App yang ada pada sisi kiri dashbord akun anda di appmachine.

Appmakr juga menyediakan layanan login menggunakan akun Facebook, Google+, Twitter dan Yahoo milik anda. Setelah bergabung maka anda akan diarahkan untuk memulai membuat aplikasi. Isikan form dari aplikasi yang akan dibuat lalu klik Next Step, maka anda sudah bisa memulai membuat aplikasi sesuai keinginan.


Dalam appgeyser ada beberapa jenis aplikasi yang anda buat, diantaranya aplikasi chat, blog, news, browser, website, map, aplikasi bisnis, aplikasi pages untuk content milik anda dan lainnya. Setelah memilih jenis aplikasi maka anda dapat langsung mengikuti panduan untuk membuat aplikasi.

Appypie menyediakan layanan membuat aplikasi untuk beberapa platform seperti Android, Iphone, Blackberry dan Windows Phone. Di appypie anda dapat membuat aplikasi gratis cukup klik “Create Your Free App” pada home website appypie. Kemudian anda hanya perlu mengisi nama aplikasi dan memilih jenisnya. Pilih Next dan anda hanya perlu mengatur tampilan dan fitur-fitur sesuai keinginan anda.

Goodbarber menyediakan layanan membuat aplikasi mobile atau tablet untuk platform Android dan Iphone. Untuk anda yang belum memiliki akun pada halaman home goodbarber anda langsung saja pilih “Create Your App”, lalu anda mengisikan nama aplikasi yang akan dibuat, jenis aplikasi, alamat email anda dan password kemudian klik Create Your Account. Maka goodbarber akan mulai memproses akun anda dan mempersiapkan aplikasi untuk anda buat.

Nativ juga merupakan salah satu website pembuat aplikasi yang populer. Dalam website ini anda dapat membuat aplikasi secara gratis, cukup klik “Start Building Free” pada halaman awal. Kemudian anda hanya perlu memilih template sesuai keinginan. Lalu anda dapat menyesuaikan layout, image, logo dan font untuk aplikasi yang akan dibuat.


Berikut beberapa situs yang menyediakan layanan membuat aplikasi tanpa perlu coding walaupun masih banyak lagi yang belum bisa saya sebutkan satu persatu. Anda dapat membuat aplikasi sesuai dengan keinginan. Beberapa situs menyediakan hasil aplikasi yang dapat digunakan lintas platform, beberapa ada yang gratis walaupun untuk fitur yang lebih lengkap anda dapat menggunakan layanan yang berbayar. Untuk membuat aplikasi dengan coding akan coba saya ulas dalam artikel berikut. Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon