Saturday 3 September 2016

ActiveState rilis IDE Komodo terbaru siap untuk Mobile Development

Tags

ActiveState rilis IDE Komodo terbaru siap untuk Mobile Development – IDE Komodo mungkin sudah ada yang tau, namun pasti untuk orang Indonesia IDE ini terdengar aneh termasuk saya sendiri. Begitu dengan nama Komodo yang bagi orang Indonesia itu merupakan nama hewan langka yang dilindungi dan hanya ada di Indonesia. Saya sendiri pun masih belum mengetahui alasan ActiveState membuat IDE dengan nama hewan ini. Perusahaan yang mengembangkan IDE ini (ActiveState) merupakan perusahaan yang menyediakan solusi pengembangan perangkat lunak yang berdiri sejak 1997. Perusahaan yang berkantor pusat di Kanada ini telah meluncurkan beberapa produk diantaranya ActivePerl, ActivePhyton, ActiveTcl dan yang cukup populer dari produknya adalah IDE Komodo. Perusahaan ini juga sudah cukup baik dalam hal pengembangan perangkat lunak, buktinya sudah ada beberapa perusahaan besar yang bekerja sama seperti Bank of America, Cisco, HP, Siemens dan Lockheed Martin.

IDE Komodo sendiri pertama diluncurkan pada Mei 2000. Pada awalnya IDE ini berbasis bahasa pemrograman Phyton, namun pada perkembangannya IDE Komodo kini melebarkan dukungannya seperti untuk PHP, JavaScript, HTML5, CSS, Node.js, Golang, Ruby, Perl, Tcl dan lainnya lagi. Semua dukungan itu membuktikan IDE Komodo sangat mendukung pengembangan perangkat lunak berbasis web. Namun pada 10 Mei 2016 lalu ActiveState resmi meluncurkan IDE Komodo 10.1 yang mendukung pengembangan untuk mobile, temasuk integrasi dengan sistem build seperti PhoneGap dan Apache Cordova. Bukan hanya pengembangan untuk mobile, dalam rilis ini IDE Komodo juga memperluas kerangka kerja JavaScript dengan menggunakan AngularJS, EmberJS dan ReactJS.
IDE Komodo merupakan IDE yang berbayar, namun untuk mencoba anda dapat menggunakan versi trial selama 21 hari. Untuk harga agar anda dapat menggunakan IDE Komodo ini $295 atau sekitar Rp 3.912.000 bila diubah dalam mata uang Indonesia. Dengan harga demikian anda hanya akan mendapat IDE tanpa support, untuk mendapat support dan upgrade dengan 5 packs berlisensi anda harus membayar $1675 atau sekitar Rp 22.212.000. Harga yang demikian ini akan diimbangi dengan produk yang cukup baik meskipun saya sendiri belum pernah mencobanya, namun anda jangan takut karena IDE ini dapat berjalan dengan os Windows, Linux, Os X dan lainnya. Untuk mengenal lebih jauh silahkan kunjungi website resminya disini.

Demikian sedikit ulasan mengenai berita seputar pengembangan mobile semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon