Friday 23 September 2016

Android Studio 2.2 Rilis dengan Beragam Fitur Menarik

Tags

Android Studio 2.2 Rilis dengan Beragam Fitur Menarik – Meskipun kita sedikit terlambat membahasnya, namun idnCoding tetap akan coba mengulas berita menarik ini. Akhirnya Android Studio terbaru kembali dirilis tepatnya pada bulan September 2016. Google sendiri memperkenalkan Android Studio 2.2 dalam Google I/O 2016.

Secara umum pembaruan besar fitur yang ada Android Studio 2.2 dibagi menjadi 4 yaitu perihal Design, Develop, Build dan Test. Lalu apa sajakah yang menjadi pembaruan untuk masing-masing fitur tersebut, berikut penjelasan singkatnya :

Design

  1. Layout Editor : Pembaruan paling terlihat pada bagian layout editor dengan adanya mode blueprint dan panel properties baru diyakini akan membuat desain layout lebih cepat.
  2. Constraint Layout : Dengan ini developer dapat mendesain layout pada mode blue print dengan drag and drop pada editor, hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam membuat interface dengan efisien bahkan dengan interface yang komplek.
  3. Layout Inspector : Pemeriksaan hirarki layout yang anda buat akan sangat membantu membuat interface yang maksimal. Anda dapat memeriksa apakah atribut masing-masing komponen yang anda gunakan sudah sesuai keinginan.

Develop

  1. Firebase Plugin : Tambahan ini dapat memudahkan anda mengintegrasi aplikasi yang anda buat dengan layanan yang disediakan oleh Firebase. Layanan yang bisa anda gunakan seperti Analytics, AdMob dan Notifikasi.
  2. Sample Browser : Fitur baru ini dimaksudkan bagi anda yang mengalami kesulitan agar dapat mencari solusi secara langsung dengan contoh kode dari Google. Untuk menggunakannya anda cukup memilih kode yang ingin dicari tahu, kemudian klik kanan dan pilih “Find Sample Code”.
  3. C++ Support : Dukungan terhadap C++ kini telah ditingkatkan, anda dapat menggunakan CMake atau NDK Build untuk kompilasi proyek C++ dari Gradle langsung.

Build

  1. Merged Manifest Viewer : Anda akan dapat dengan mudah melihat bagaimana setiap file dalam AndroidManifest anda berkaitan dengan beragam project dependencies, cukup dengan memilih Marged Manifest dibagian bawah pada file AndroidManifest.xml.
  2. Jack Compiler : Jack Tools mengkompilasi bahasa java ke dalam Android dex bytecode. Dengan ini anda dapat bereksperimen menggunakan fitur Java 8 pada project anda.

Test

  1. APK Analyzer : Fitur ini dimaksudkan agar memudahkan anda memahami isi dan ukuran setiap komponen dalam APK anda. Dengan memahami isi file APK kita bisa memaksimalkan ukuran file APK sesuai kebutuhan.
  2. Espresso Test Recorder : Dengan fitur ini anda dapat merekam semua interaksi saat aplikasi dijalankan dan bahkan dapat digunakan kembali, tentu hal ini sangat bermanfaat dalam testing aplikasi bila proses dalam aplikasi kita sudah cukup banyak.

Nah dengan berbagai pembaruan fitur yang telah disebutkan, jadi silahkan yang mau update tools Android Studio silahkan buka dan klik check for update. Biasanya bila anda buka Android Studio dalam keadaan koneksi internet maka akan muncul pemberitahuan update terbaru. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat terima kasih.


EmoticonEmoticon