Wednesday 28 September 2016

Belajar Mengenal Interface Dasar Android dengan Android Studio Part II

Tags

Belajar Mengenal Interface Dasar Android dengan Android Studio Part II – Melanjutkan ulasan sebelumnya Belajar mengenal interface part I, kini kita melanjutkan pada komponen yang lain. Sebelumnya kita sudah menganal sedikit bagian layout yang biasa digunakan, kali ini kita mulai dengan melanjutkan beberapa layout dan berkenalan dengan widget.

#Layout
Frame Layout
Frame Layout disini digunakan apabila anda ingin membuat sebuat tampilan dengan adanya tumpukan. Misalnya anda membutuhkan sebuah widget berada diatas widget yang lain, widget yang berada diatas adalah yang kodenya ditulis diakhir. Berikut sebuah contoh sederhana penggunaan FrameLayout :


Gird Layout
Pengertian Grid Layout adalah sebuah layout yang menempatkan child dalam bentuk grid dari kiri kekanan atau dari atas ke bawah tergantung orientasi yang digunakan, inti dari bentuk grid adalah membari tempat menjadi bagian-bagian yang sama. Berikut contoh penggunaan Grid Layout sederhana :

Table Layout
Pengertian Table Layout adalah sebuah ViewGroup yang menampilkan Child dalam format baris dan kolom sebagaimana bentuk tabel yang kita kenal. Namun garis yang membatasi baris dan kolom tidak akan kita lihat, dan kita dapat mengkosongkan sebuah sel, seperti terlihat pada gambar penjelasan berikut:

Agar kita dapat membedakan bagaimana penggunaan TableLayout berikut contoh penggunaan Table Layout sederhana :

Demikian beberapa layout yang bisa kita gunakan, semua tergantung kebutuhan kita. Semoga sedikit ulasan mengenai layout diatas dan pada ulasan sebelumnya dapat membantu anda membedakan antar layout, dan yang perlu anda lakukan hanya jangan takut untuk mencoba.

Setelah selesai dengan Layout kita akan mulai mengenal widget yang akan biasa kita jumpai. Widget bisa dikatakan hal yang penting karena disinilah pengguna berinteraksi langsung dengan aplikasi. Sebelum kita mulai dengan mengenal masing-masing widget, saya ingatkan kembali ada 2 hal yang wajib disebutkan sebagai atribut komponen yaitu height dan width. Berikut ulasan beberapa widget yang biasa kita gunakan dalam membuat aplikasi Android.

#Widget
Text View
Untuk yang sudah pernah membuat program baik itu desktop atau web pasti textview tidak asing lagi. Text View berguna menampilkan sebuah text kepada pengguna dalam suatu tampilan, namun pengguna tidak diperkenankan mengubahnya. Karena sudah sangat umum langsung saja berikut sebuah contoh sederhana penggunaan Text View dalam Android dengan beberapa tambahan atribut yang mungkin bisa kita gunakan dengan Android Studio :

Edit Text
Layaknya Textview, Edit Text juga sudah sangat populer dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Sebuah Edit Text digunakan sebagai interaksi pengguna untuk memberikan sebuah text ke dalam aplikasi. Dalam Android kita juga dapat mendefinisikan bentuk text yang bisa diberikan user diantaranya Text, Number, Phone, textEmailAddress, dan textUri. Berikut contoh sederhana penggunaan Edit Text pada Android :

Button
Button atau Tombol, juga salah satu komponen sebuah interface yang sudah biasa digunakan. Dengan sebuah Button pengguna dapat memerintahkan aplikasi untuk melakukan aksi yang telah ditentukan. Berikut sebuah contoh sederhana penggunaan Button dalam sebuah interface Android :

Semua contoh yang telah disebutkan diatas hanya sebagian kecil, anda dapat mencoba dan kembangkan sendiri sesuai kebutuhan. Sampai disini ulasan kedua mengenai belajar dasar interface Android yang kedua. Kita akan melanjutkan pada ulasan selanjutnya. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda, dan terima kasih bersama idnCoding.


EmoticonEmoticon