Sunday 2 October 2016

Tutorial Belajar Menggunakan Fragment Sederhana dengan Android Studio

Tags

Tutorial Belajar Menggunakan Fragment Sederhana dengan Android Studio – Kembali lagi bersama idnCoding, kali ini kita akan mencoba mengimplentasikan Fragment. Pada ulasan belajar mengenal interface dasar Android kita sudah sedikit berkenalan dengan Fragment. Disini kita akan coba mendalami dan mengimplementasi Fragment tentu dengan contoh aplikasi yang sederhana.

Fragment bisa kita bayangkan sebagai Modular dari sebuah Activity, namun memiliki siklus hidup sendiri, input event sendiri dan bahkan dengan fragment ini anda dapat melakukan proses menambah dan menghapus data sementara activity tetap berjalan. Secara mudah kita gambarkan Fragment sebagi sebuah Sub-Activity.

Langsung saja kita mulai dengan membuat sebuah project di Android Studio, disini saya membuat project “Coba Fragment”. Untuk yang kesulitan silahkan baca ulasan Membuat project baru Android Studio.

Kemudian buat sebuah class baru dengan buka menu File->New->Java Class, lalu beri nama seperti berikut :

Setelah itu buat layout baru untuk class fargment baru kita. Caranya sama dengan buka menu File->New->XML->Layout XML File. Berikut layout baru yang perlu kita buat :

Kemudian ubah background dan tambahkan sebuah textview sebagai pertanda seperti berikut:

Kembali pada class Fragment1 kemudian overide method onCreateView lalu udab return agar dapat menampilkan layout baru yang telah kita buat dengan menambahkan kode berikut :

Agar kita lebih melihat penggunaan Fragment maka dalam project ini kita akan membuat 2 buah Fragment. Caranya sama seperti 4 langkah sebelumnya namun dengan nama yang berbeda. Silahkan ulangi langkah diatas, disini saya memberi nama class Fragment2.java dan layoutnya fragment2_layout.xml

Sebenarnya ada cara lain untuk membuat Fragment yang cukup singkat, silahkan lihat pada menu File->New->Fragment. Namun Fragment yang dibuat sudah langsung jadi dengan menerapkan beberapa method, dan karena disini kita masih belajar dari dasar kita akan menggunakan basic.

Selanjutnya adalah menerapkan fragment yang telah kita buat ke dalam Activity. Caranya buka activity_main.xml dan tambahkan 2 buah FrameLayout sebagai container dari fragment yang kita buat, silahkan ikuti kode berikut :

Bagian terakhir kita akan mendefinisikan container tersebut berisi fragment yang kita buat buka MainActivity.java, silahkan ikuti kode berikut:

Sekarang coba anda running project pada device atau emulator. Maka hasil yang akan anda dapatkan seperti berikut :

Lebih dari penggunaan sederhana seperti pada contoh diatas, anda dapat memanfaatkan fragment pada project aplikasi yang lebih komplek. Misalnya anda menggunakan pada Aplikasi Tab Layout atau Sliding Menu dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan Fragment. Karena itu mari kita tetap belajar dan terus mencoba. Untuk yang mengalami kesulitan atau ada tambahan silahkan tinggalkan di kolom komemtar. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat terima kasih bersama idnCoding.


EmoticonEmoticon