Friday 30 September 2016

Tutorial Membuat Aplikasi WebView Sederhana dengan Android Studio

Tags

Tutorial Membuat Aplikasi WebView Sederhana dengan Android Studio – Setelah pada ulasan sebelumnya kita Belajar Mengenal Interface Dasar Android, kali ini kita akan mencoba mengimplentasikan WebView. Seperti yang sudah kita bahas, Sebuah WebView digunakan untuk membuka sebuah halaman web pada aplikasi.

Akhir-akhir ini banyak aplikasi yang memanfaatkan Webview karena kemudahannya. Apabila sebuah penyedia layanan web ingin memberikan aplikasi Android yang memuat konten webnya, dia tidak ingin membuat sebuah aplikasi dari nol, maka sebuah WebView adalah solusi yang mudah.

Langsung saja kita mulai mengimplemantasikan WebView, disini saya membuat project dengan nama “Coba_Webview”, bila anda kesulitan membuat sebuah project silahkan coba baca ulasan mengenai Membuat Project Aplikasi di Android Studio.

Pertama kita perlu menambahkan WebView dalam Layout. Buka file 'activity_main.xml' dan tambahkan kode berikut :

Setelah selesai dengan layout, kemudain kita harus menambahkan ijin aplikasi untuk menggunakan internet dengan cara buka file “AndroidManifest.xml” di directory manifest. Lalu tambahkan kode berikut :

Sekarang kita akan mulai coding java, silahkan buka “MainActivity.java”, dan lakukan inisiasi seperti kode berikut :

Kemudian setting load ke webview kita menggunakan javascript dengan kode berikut :

Lalu definisikan url yang akan diload seperti kode berikut :

Sampai disini kita bisa running aplikasi, namun apabila aplikasi dibuka dan akan mulai load url maka akan redirect ke default browser perangkat. Nah untuk menangani hal itu, kita akan membuat webviewClient. Caranya silahkan ikuti tambahkan kode berikut :

Lalu tambahkan class didalam class MainActivity yang extend WebViewClient dan terapkan method shouldOverrideUrlLoading seperti berikut :

Silahkan coba running project aplikasi, bila ada yang kesulitan coba baca ulasan Running project di Android Studio. Disini kita telah berhasil membuat sebuah aplikasi yang menggunakanWebView sederhana dan tidak redirect ke browser, namun apabila anda ingin kembali pada halaman sebelumnya dengan menekan tombol back maka aplikasi akan keluar. Untuk menangani hal itu kita perlu menambah method onKeyDown silahkan tambahkan kode berikut :

Untuk kode lengkap pada MainActivity sebagai berikut :
Demikian sedikit ulasan mengenai membuat aplikasi dengan WebView. Cukup sederhana untuk dasar menggunakan WebView, namun anda dapat mengembangkan sendiri misal dengan menu dan beberapa webview untuk load beberapa situs. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat, mari kita tetap belajar dan mencoba. Terima kasih tetap bersama idnCoding.


EmoticonEmoticon