Sunday 19 August 2018

IdnCoding come back again

Tags

Setelah sekian lama meninggalkan blog karena fokus mengerjakan tugas akhir kuliah dan akhirnya keterusan, kembali lagi untuk niat berbagi ilmu idncoding sepertinya sudah sangat ramai dikunjungi teman-teman yang ingin mencari sedikit pencerahan saat penat dengan coding.

Kali ini akhirnya penulis bekerja sebagai programmer di salah satu software housing di kota Yogyakarta dan merasakan dunia nyata dalam pemrograman yang bisa dikatakan cukup kejam.

 free image from : https://unsplash.com

Artikel kali ini akan lebih banyak berisi sharing pengalaman penulis setelah sekian lama meninggalkan idnCoding.

Pertama yang paling dapat dirasakan adalah perubahan yang akan kita alami antara coding disekolah atau dikampus dengan didalam pekerjaan. Setelah lebih dari 1 tahun bekerja selain mengerjakan berbagai project terkadang harus menghandle anak-anak PKL atau magang dari sekolah SMK jurusan RPL bahkan ada juga yang dari sekolah tinggi. Dari pengalaman melihat mereka dan yang pernah penulis alami langsung selama berkerja sebenarnya ilmu coding tidak terlalu berbeda dari segi teori namun karena coding adalah hal praktik maka bisa dikatakan 80% tergantung pada individu masing-masing.

Mengapa saya bisa katakan demikian, secara mudahnya siswa SMK bisa lebih mahir coding dari pada mahasiswa IT karena siswa tersebut belajar otodidak lebih giat. Jadi jelas masing-masing harus berjuang keras. Jadi kuliah tidak perlu? nah ini juga masih ada yang beranggapan begitu. Menurut saya kuliah juga penting karena jelas kita akan berada didunia kampus yang sekitar orang-orang membicarakan IT dengan banyak pemikiran maka pengalman kita bisa bertambah karena sampai saat ini saya sendiri termasuk orang yang percara pemrograman bagian terbesar adalah logika kalau coding masih bisa dipelajari. Misalnya sebuah project kalkulator bisa dikerjakan dengan 2 bahasa berbeda dengan konsep sama hanya perlu menyesuaikan bahasa namun jika dari awal konsep logika yang salah maka dengan bahasa apapun akan tetap sama.

Terakhir kesan antara kuliah dan dunia pemrograman nyata menurut saya banyak yang harus kita cari diluar sekolah atau kampus, ibarat dosen bilang ini hanya jembatan masih banyak jalan yang bisa kita cari.

Nantikan tulisan selanjutnya yang akan mengulas berbagai hal dalam dunia pemrograman salah satunya sekarang kita akan membuka tema baru tentang pemrograman web dengan PHP menggunakan framework CI, selanjutnya juga akan kita bahas mengenai nodejs yang akhir-akhir ini mulai sangat populer.

Jangan lupa jika membutuhkan jasa terkait IT kunjungi Inasit Solution


EmoticonEmoticon